Ambillah satu kelas tertentu, coba lakukan identifikasi karakteristiktik umum peserta didik yang ada di kelas tersebut dari aspek gender, etnik, usia, kultural, status sosial, dan minat! Berikan contoh bagaimana data tersebut Anda gunakan dalam proses pembelajaran!
KARATERISTIK UMUM SISWA XI A
DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS
SMA AR-RISALAH LUBUKLINGGAU
| No | Nama | Karakteristik Umum | Kecerdasan (Hasil LSR) | |||||
| Gender | Etnik | Usia | Kultural | Status Sosial | Minat | |||
| 1 | Alamghir Abrisam A | L | MUSI | 16 | ISLAM | PETANI | PS | Bahasa (Senang Belajar Bahasa) |
| 2 | Ananda Novita | P | PALEMBANG | 15 | ISLAM | PETANI | KP | Musik ( Menyukai Pembelajaran Bahasa dengan Musik) |
| 3 | Aulia Ramadini | P | MUSI | 16 | ISLAM | PETANI | MF | Logik Matematik (Kurang Tertarik Belajar Bahasa) |
| 4 | Bunga Febyolla | P | MUSI | 15 | ISLAM | BURUH | PS | Bahasa ( Senang Belajar Bahasa) |
| 5 | Chelsi Obiola | P | LAMPUNG | 15 | ISLAM | PNS | KP | Kinestetik ( Senang Belajar Bahasa dengan Gerakan) |
| 6 | Dadang Bastian | L | SUNDA | 15 | ISLAM | POLRI | PS | Bahasa ( Senang Belajar Bahasa) |
| 7 | Deki Anugra | L | JAWA | 16 | ISLAM | PNS | PS | Bahasa ( Senang Belajar Bahasa) |
| 8 | Elvita Sisilia Febylika | P | MUSI | 16 | ISLAM | PETANI | KP | Naturalis (Senang Belajar Bahasa dengan Lingkungan Alam Terbuka) |
| 9 | Faizin Akli Yansuri | L | MUSI | 15 | ISLAM | PETANI | KP | Kinestetik ( Senang Belajar Bahasa dengan Gerakan) |
| 10 | Fransisca Rahel Stefani | P | MUSI | 17 | ISLAM | BURUH | PS | Bahasa ( Senang Belajar Bahasa) |
| 11 | Hiroshi Allendrin | L | JAWA | 16 | ISLAM | PNS | KP | Kinestetik ( Senang Belajar Bahasa dengan Gerakan) |
| 12 | Jeny Putri Aprilika | P | JAWA | 15 | ISLAM | PETANI | PS | Bahasa ( Senang Belajar Bahasa) |
| 13 | M. Al Faruq Iqbal | L | JAWA | 16 | ISLAM | PNS | KP | Musik ( Menyukai Pembelajaran Bahasa dengan Musik) |
| 14 | M. Gilang Khadaffi | L | JAWA | 16 | ISLAM | PETANI | KP | Musik ( Menyukai Pembelajaran Bahasa dengan Musik) |
| 15 | Masayu Naila Mauzura | L | PALEMBANG | 16 | ISLAM | WIRASWASTA | PS | Bahasa ( Senang Belajar Bahasa) |
| 16 | Meiza Atri Fiary | P | MUSI | 16 | ISLAM | TNI | MF | Logik Matematik (Kurang Tertarik Belajar Bahasa) |
| 17 | Mevi Gina Nurfira | P | MUSI | 16 | ISLAM | WIRASWASTA | PS | Bahasa ( Senang Belajar Bahasa) |
| 18 | Muhammad Alfinno | L | MUSI | 17 | ISLAM | PETANI | KB | Kinestetik ( Senang Belajar Bahasa dengan Gerakan) |
| 19 | Muhammad Fadlan L | L | PALEMBANG | 15 | ISLAM | BUMN | KP | Musik ( Menyukai Pembelajaran Bahasa dengan Musik) |
| 20 | Muhammad Hafizh A | L | JAWA | 15 | ISLAM | PNS | PS | Bahasa ( Senang Belajar Bahasa) |
| 21 | Muhammad Kiki M | L | JAWA | 15 | ISLAM | PETANI | KP | Musik ( Menyukai Pembelajaran Bahasa dengan Musik) |
| 22 | Muhammad Rama A | L | JAWA | 16 | ISLAM | BUMN | PS | Bahasa ( Senang Belajar Bahasa) |
| 23 | Muhammad Wahyu A | L | JAWA | 16 | ISLAM | PETANI | MF | Logik Matematik (Kurang Tertarik Belajar Bahasa) |
| 24 | Muhammad Zaki | L | JAWA | 16 | ISLAM | KARYAWAN | MF | Logik Matematik (Kurang Tertarik Belajar Bahasa) |
| 25 | Raka Ferdian | L | JAWA | 16 | ISLAM | PETANI | KP | Musik ( Menyukai Pembelajaran Bahasa dengan Musik) |
| 26 | Randian Saputra | L | JAWA | 16 | ISLAM | PNS | PS | Bahasa ( Senang Belajar Bahasa) |
| 27 | Regi Saputra | L | JAWA | 16 | ISLAM | PETANI | KP | Musik ( Menyukai Pembelajaran Bahasa dengan Musik) |
| 28 | Rizki Rahmat Susanto | L | JAWA | 16 | ISLAM | KARYAWAN | KB | Kinestetik ( Senang Belajar Bahasa dengan Gerakan) |
| 29 | Salisah Ayu Rahma | P | JAWA | 15 | ISLAM | PETANI | KP | Musik ( Menyukai Pembelajaran Bahasa dengan Musik) |
| 30 | Saskia Pratiwi | P | MUSI | 16 | ISLAM | PEDAGANG | KB | Kinestetik ( Senang Belajar Bahasa dengan Gerakan) |
| 31 | Sifa Trimadona | P | MUSI | 16 | ISLAM | BURUH | KP | Visual Spasial (Senang Belajar Bahasa dengan Gambar dan Pandangan) |
| 32 | Suci Anggaraini | P | MUSI | 16 | ISLAM | PEDAGANG | KP | Visual Spasial (Senang Belajar Bahasa dengan Gambar dan Pandangan) |
| 33 | Yadi Ismad Zaki | L | MUSI | 16 | ISLAM | PETANI | PS | Bahasa ( Senang Belajar Bahasa) |
| 34 | Zazkia Ripatu Solihat | P | PALEMBANG | 16 | ISLAM | PETANI | KP | Visual Spasial (Senang Belajar Bahasa dengan Gambar dan Pandangan) |
###Ket
PS = Perasaan senang,
KP = Ketertarikan peserta didik
PB = Perhatian dalam belajar
KB = Keterlibatan belajar,
MF = Manfaat dan fungsi mata pelajaran
Dari data di atas, pembelajaran Bahasa Inggris di kelas sebaiknya memperhatikan aspek berikut ini :
1. Setiap Pembelajaran yang akan melakukan pembentukan kelompok, harus memperhatikan
1. Gender
Setiap kelompok memiliki minimal 1 atau 2 orang laki laki yang ditunjukkan sebagai ketua kelompok
2. Minat
Setiap kelompok memiliki siswa yang memiliki minat Perasaan Senang sebagai fondasi kelompok itu sendiri dalam bekerja
2. Dalam proses pembelajaran, guru dan siswa wajib menggunakan Bahasa Indonesia / Bahasa Inggris sebagai bahsa pengantar sebagai pertimbangan dari karakteristik Etnik yang beragam.
3. Usia
Rata rata usia yang ada di kelas XI A adalah 16 Tahun Hal ini berarti, pembelajaran telah mengarah kepada pahap operasional formal dimana siswa telah memiliki kemampuan mengkoordinasikan dua ragam kemampuan kognitif secara serentak maupun berurutan. Artinya, pembelajaran harus memenuhi kriteria High Thinking Order.
4. Budaya
Dalam proses pembelajaran, guru memberikan contoh-contoh dengan mempertimbangkan keberagaman budaya tersebut, sehingga apa yang disampaikan dapat diterima oleh semua peserta didik. Misalnya, dalam materi Expression of Scared tidak menggunakan materi Halloween, tetapi bisa dengan mengaitkannya dengan budaya Indonesia.
5. Status Sosial
Dalam pemberian tugas, guru tidak meminta siswa untuk mengerjakan tugas dengan biaya yang di luar jangkauan orang tua siswa. Tugas sepenuhnya harus memanfaatkan fasilitas yang ada di sekolah, seperti Lab Bahasa dan Lab Komputer.
6. Minat
Dengan Minat yang sudah teridentifikasi, hendaknya setiap pembelajaran guru mampu mengkaloborasi kegiatan yang memperhatikan aspek tersebut.
Contoh Penggunaan Data Dalam Proses Pembelajaran :
Pembelajaran Bahasa Inggris :
1. Materi : Expressing Scare
2. Media : - Audio Video (Siswa yang memiliki kecerdasan Linguistik)
- Power Point (Kecerdasan Visual Spasial)
- Internet
3. Proses Pembelajaran
1. Siswa menonton video tentang ekpresi takut dari infocus
2. Guru menyampaikan materi secara ringkas dengan menggunakan powerpoint
3. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok belajar berdasarkan gender dan minat
4. Siswa mencari contoh contoh expression of scare melalui Internet di Lab Komputer Sekolah
5. Setelah siswa selesai mencari, siswa membuat lagu sederhana pendek yang berhubungan dengan dengan materi tersebut
6. Setelah mereka menampilkan lagu yang telah mereka buat, siswa bermain peran di depan kelas
7. Sebagai tugas, siswa diminta untuk membuat Video Dialog tentang Expresi Ketakutan di luar lingkungan kelas
Diharapkan dengan kegiatan kegiatan di atas dapat memberikan motivasi SEMUA SISWA untuk lebih tertarik belajar Bahasa Inggris.