Skip to main content

follow us


Ambillah satu kelas tertentu, coba  lakukan  identifikasi  karakteristiktik umum peserta didik yang ada di kelas tersebut dari aspek gender, etnik, usia, kultural, status sosial, dan minat! Berikan contoh bagaimana data tersebut Anda gunakan dalam proses pembelajaran!

KARATERISTIK UMUM SISWA XI A
DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS
SMA AR-RISALAH LUBUKLINGGAU

No
Nama
Karakteristik Umum
Kecerdasan (Hasil LSR)
Gender
Etnik
Usia
Kultural
Status Sosial
Minat
1
Alamghir Abrisam A
L
MUSI
16
ISLAM
PETANI
PS
Bahasa (Senang Belajar Bahasa)
2
Ananda Novita
P
PALEMBANG
15
ISLAM
PETANI
KP
Musik ( Menyukai Pembelajaran Bahasa dengan Musik)
3
Aulia Ramadini
P
MUSI
16
ISLAM
PETANI
MF
Logik Matematik (Kurang Tertarik Belajar Bahasa)
4
Bunga Febyolla
P
MUSI
15
ISLAM
BURUH
PS
Bahasa ( Senang Belajar Bahasa)
5
Chelsi Obiola
P
LAMPUNG
15
ISLAM
PNS
KP
Kinestetik ( Senang Belajar Bahasa dengan Gerakan)
6
Dadang Bastian
L
SUNDA
15
ISLAM
POLRI
PS
Bahasa ( Senang Belajar Bahasa)
7
Deki Anugra
L
JAWA
16
ISLAM
PNS
PS
Bahasa ( Senang Belajar Bahasa)
8
Elvita Sisilia Febylika
P
MUSI
16
ISLAM
PETANI
KP
Naturalis (Senang Belajar Bahasa dengan Lingkungan Alam Terbuka)
9
Faizin Akli Yansuri
L
MUSI
15
ISLAM
PETANI
KP
Kinestetik ( Senang Belajar Bahasa dengan Gerakan)
10
Fransisca Rahel Stefani
P
MUSI
17
ISLAM
BURUH
PS
Bahasa ( Senang Belajar Bahasa)
11
Hiroshi Allendrin
L
JAWA
16
ISLAM
PNS
KP
Kinestetik ( Senang Belajar Bahasa dengan Gerakan)
12
Jeny Putri Aprilika
P
JAWA
15
ISLAM
PETANI
PS
Bahasa ( Senang Belajar Bahasa)
13
M. Al Faruq Iqbal
L
JAWA
16
ISLAM
PNS
KP
Musik ( Menyukai Pembelajaran Bahasa dengan Musik)
14
M. Gilang Khadaffi
L
JAWA
16
ISLAM
PETANI
KP
Musik ( Menyukai Pembelajaran Bahasa dengan Musik)
15
Masayu Naila Mauzura
L
PALEMBANG
16
ISLAM
WIRASWASTA
PS
Bahasa ( Senang Belajar Bahasa)
16
Meiza Atri Fiary
P
MUSI
16
ISLAM
TNI
MF
Logik Matematik (Kurang Tertarik Belajar Bahasa)
17
Mevi Gina Nurfira
P
MUSI
16
ISLAM
WIRASWASTA
PS
Bahasa ( Senang Belajar Bahasa)
18
Muhammad Alfinno
L
MUSI
17
ISLAM
PETANI
KB
Kinestetik ( Senang Belajar Bahasa dengan Gerakan)
19
Muhammad Fadlan L
L
PALEMBANG
15
ISLAM
BUMN
KP
Musik ( Menyukai Pembelajaran Bahasa dengan Musik)
20
Muhammad Hafizh A
L
JAWA
15
ISLAM
PNS
PS
Bahasa ( Senang Belajar Bahasa)
21
Muhammad Kiki M
L
JAWA
15
ISLAM
PETANI
KP
Musik ( Menyukai Pembelajaran Bahasa dengan Musik)
22
Muhammad Rama A
L
JAWA
16
ISLAM
BUMN
PS
Bahasa ( Senang Belajar Bahasa)
23
Muhammad Wahyu A
L
JAWA
16
ISLAM
PETANI
MF
Logik Matematik (Kurang Tertarik Belajar Bahasa)
24
Muhammad Zaki
L
JAWA
16
ISLAM
KARYAWAN
MF
Logik Matematik (Kurang Tertarik Belajar Bahasa)
25
Raka Ferdian
L
JAWA
16
ISLAM
PETANI
KP
Musik ( Menyukai Pembelajaran Bahasa dengan Musik)
26
Randian Saputra
L
JAWA
16
ISLAM
PNS
PS
Bahasa ( Senang Belajar Bahasa)
27
Regi Saputra
L
JAWA
16
ISLAM
PETANI
KP
Musik ( Menyukai Pembelajaran Bahasa dengan Musik)
28
Rizki Rahmat Susanto
L
JAWA
16
ISLAM
KARYAWAN
KB
Kinestetik ( Senang Belajar Bahasa dengan Gerakan)
29
Salisah Ayu Rahma
P
JAWA
15
ISLAM
PETANI
KP
Musik ( Menyukai Pembelajaran Bahasa dengan Musik)
30
Saskia Pratiwi
P
MUSI
16
ISLAM
PEDAGANG
KB
Kinestetik ( Senang Belajar Bahasa dengan Gerakan)
31
Sifa Trimadona
P
MUSI
16
ISLAM
BURUH
KP
Visual Spasial (Senang Belajar Bahasa dengan Gambar dan Pandangan)
32
Suci Anggaraini
P
MUSI
16
ISLAM
PEDAGANG
KP
Visual Spasial (Senang Belajar Bahasa dengan Gambar dan Pandangan)
33
Yadi Ismad Zaki
L
MUSI
16
ISLAM
PETANI
PS
Bahasa ( Senang Belajar Bahasa)
34
Zazkia Ripatu Solihat
P
PALEMBANG
16
ISLAM
PETANI
KP
Visual Spasial (Senang Belajar Bahasa dengan Gambar dan Pandangan)

###Ket
PS           = Perasaan senang,
KP           = Ketertarikan peserta didik
PB           = Perhatian dalam belajar
KB           = Keterlibatan belajar,
MF         = Manfaat dan fungsi mata pelajaran


Dari data di atas, pembelajaran Bahasa Inggris di kelas sebaiknya memperhatikan aspek berikut ini :
1. Setiap Pembelajaran yang akan melakukan pembentukan kelompok, harus memperhatikan
1.      Gender
Setiap kelompok memiliki minimal 1 atau 2 orang laki laki yang ditunjukkan sebagai ketua kelompok
2.      Minat
Setiap kelompok memiliki siswa yang memiliki minat Perasaan Senang sebagai fondasi kelompok itu sendiri dalam bekerja

2. Dalam proses pembelajaran, guru dan siswa wajib menggunakan Bahasa Indonesia / Bahasa Inggris sebagai bahsa pengantar sebagai pertimbangan dari karakteristik Etnik yang beragam.

3. Usia
Rata rata usia yang ada di kelas XI A adalah 16 Tahun Hal ini berarti, pembelajaran telah mengarah kepada pahap operasional formal dimana siswa telah memiliki kemampuan mengkoordinasikan dua ragam kemampuan kognitif secara serentak maupun berurutan. Artinya, pembelajaran harus memenuhi kriteria High Thinking Order.

4. Budaya
Dalam proses pembelajaran, guru memberikan contoh-contoh dengan mempertimbangkan keberagaman budaya tersebut, sehingga apa yang disampaikan dapat diterima oleh semua peserta didik. Misalnya, dalam materi Expression of Scared tidak menggunakan materi Halloween, tetapi bisa dengan mengaitkannya dengan budaya Indonesia.

5. Status Sosial
Dalam pemberian tugas, guru tidak meminta siswa untuk mengerjakan tugas dengan biaya yang di luar jangkauan orang tua siswa. Tugas sepenuhnya harus memanfaatkan fasilitas yang ada di sekolah, seperti Lab Bahasa dan Lab Komputer.

6. Minat
Dengan Minat yang sudah teridentifikasi, hendaknya setiap pembelajaran guru mampu mengkaloborasi kegiatan yang memperhatikan aspek tersebut.
Contoh Penggunaan Data Dalam Proses Pembelajaran :

Pembelajaran Bahasa Inggris :
1. Materi          : Expressing Scare
2. Media          :           - Audio Video (Siswa yang memiliki kecerdasan Linguistik)
                                    - Power Point  (Kecerdasan Visual Spasial)
                                    - Internet

3. Proses Pembelajaran
1.      Siswa menonton video tentang ekpresi takut dari infocus
2.      Guru menyampaikan materi secara ringkas dengan menggunakan powerpoint
3.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok belajar berdasarkan gender dan minat
4.      Siswa mencari contoh contoh expression of scare melalui Internet di Lab Komputer Sekolah
5.      Setelah siswa selesai mencari, siswa membuat lagu sederhana pendek yang berhubungan dengan dengan materi tersebut
6.      Setelah mereka menampilkan lagu yang telah mereka buat, siswa bermain peran di depan kelas
7.      Sebagai tugas, siswa diminta untuk membuat Video Dialog tentang Expresi Ketakutan di luar lingkungan kelas

Diharapkan dengan kegiatan kegiatan di atas dapat memberikan motivasi SEMUA SISWA untuk lebih tertarik belajar Bahasa Inggris.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar